Saat ini semakin banyak orang yang tertarik memilih karangan bunga sebagai media untuk menyampaikan pesan. Misalnya ucapan duka pada orang yang meninggal atau ucapan khusus dalam pesta perayaan pernikahan. Masing-masing pemberian ucapan dalam bentuk bunga ini membutuhkan tips-tips khusus untuk memilihnya.

Tips Memilih Karangan Bunga Duka Cita

Hal paling utama yang harus dilakukan saat memilih rangkaian bunga duka cita adalah hasil pekerjaan yang rapi. Setelah itu bisa dilihat sisi keindahan dan desainnya. Jika semuanya pas dan terlihat menarik, maka dapat disimpulkan jika bunganya juga mempunyai kualitas bagus.

Ukuran rangkaian dan jenis bunga yang dipakai juga bisa dijadikan tanda bahwa orang yang merangkainya memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Adapun kesegaran bunganya sendiri sebaiknya diteliti melalui aromanya. Jika masih memunculkan bau yang wangi dan segar, hal ini merupakan tanda jika bunga yang dimasukan dalam rangkaian masih baru dan belum layu.

Selain itu jumlah atau variasi bunga yang dipasang menjadi faktor penentu pilihan yang tidak boleh dilupakan. Makin banyak variasi bunganya, makin terlihat sempurna desain rangkaian dari bunga tersebut. Tapi untuk ucapan duka cita, sebaiknya jenis bunganya tidak usah terlalu banyak agar tidak menimbulkan kesan terlalu ramai.

 

 

Tips Memilih Karangan Papan Bunga Pernikahan

Lain lagi kalau memilih bunga untuk pernikahan, tentunya berbeda dengan memilih bunga untuk duka cita. Saat memilih karangan bunga ucapan selamat menikah diperlukan ketelitian yang lebih cermat. Apalagi jika mengingat bahwa pernikahan merupakan sebuah momentum yang selalu dianggap sangat istimewa oleh semua orang, terutama bagi pasangan yang sedang menjalani pernikahan tersebut.

Sebelum memilih, cari toko yang pemiliknya benar-benar bertindak secara profesional dalam menjalankan tugasnya merangkai bunga. Bahkan jika dirasa perlu, tidak ada salahnya melihat dan meneliti portofolio hasil karyanya. Dari portofolio tersebut bisa diketahui apakah toko bunga tersebut mempunyai kredibilitas dan reputasi yang bisa diandalkan dan dipercaya.

Agar bisa mendapat bunga yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan keinginan, harus dipastikan pula jika penjualnya memperoleh bunga-bunga tersebut secara langsung. Jadi tidak boleh melalui jalur distribusi yang panjang. Jika jalur distribusinya panjang, bunga tersimpan terlalu lama sehingga mudah dan cepat menjadi layu.

Apalagi untuk bunga potong yang ketika digunakan membuat rangkaian tidak ada media lain untuk mengawetkannya seperti buket yang dapat diletakan dalam vas. Karena itu jangan lupa memilih jenis bunga yang sifatnya lebih tahan lama dan tidak mudah mengalami layu seperti anggrek, aster atau krisan.

Beberapa ciri yang dimiliki oleh bunga yang bisa tahan lama antara lain adalah punya batang yang lebih keras dan tidak lunak. Selain itu bunganya juga cenderung kering dan pada bagian mahkotanya mempunyai sifat agak tebal dan keras. Bunga-bunga seperti ini dapat tahan lebih lama bahkan tidak akan layu hingga beberapa hari.

Berapa sih Harga Karangan Bunga?

Jika sudah siap mengirim karangan bunga untuk duka cita dan pernikahan, yang harus diketahui selanjutnya adalah tentang harga. Ada yang tahu berapa harga karangan bunga itu?

Bicara tentang harga, biasanya antara toko yang satu dengan yang lain memang mempunyai kebijaksanaan sendiri-sendiri saat menentukan. Namun secara umum selisihnya tidak terlalu jauh berbeda, khusunya untuk area atau daerah yang sama.

Sebagai bahan pertimbangan atau perhitungan, harga ini pada umumnya ditentukan oleh jenis bunga yang digunakan, ukuran dan bentuk desainnya. Makin banyak variasi bunga dan desain yang rumit pasti harganya juga lebih mahal. Apalagi jika menggunakan bunga impor dari luar negeri karena membutuhkan biaya pengiriman dan perawatan yang sangat mahal.

Khusus untuk area Jakarta dan sekitarnya, harga setiap karangan bunga berkisar antara 500 hingga 750 ribu rupiah untuk yang termurah. Sedangkan yang termahal tentu tidak ada batas harganya sebab semua disesuaikan dengan keinginan pemesan. Jadi, yuk pesan bunga yang mampu menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh pembeli.

Share:

Aditya Wisnu

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

× Diskon 10% Untuk Kado Special