Tips Membeli Keperluan Bayi
Tips Membeli Keperluan Bayi

Membeli perlengkapan bayi baru lahir adalah hal yang harus betul-betul diperhatikan para orang tua, terutama bila kelahiran bayi tersebut adalah pengalaman pertama bagi mereka. Beberapa calon orang tua umumnya membeli perlengkapan bayi saat kandungan telah memasuki bulan ke sembilan. Namun, tidak sedikit juga yang telah membeli perlengkapan bagi calon bayi mereka dari awal masa kehamilan. Perihal kapan memutuskan membeli perlengkapan bayi sebenarnya opsional, kembali lagi pada kesepakatan anda bersama pasangan. Yang terpenting adalah melengkapi kebutuhan bayi anda nanti, mulai dari kebutuhan premier hingga sekundernya. Nah, bagaimana sih tips membeli keperluan babi newborn? simak poin-poin di bawah ini, yah.

Perlengkapan bayi yang meliputi perawatan dan peralatan bayi adalah barang-barang yang paling mendasar dan harus anda siapkan sebagai perlengkapan wajib sebelum kelahiran bayi sebab akan sangat dibutuhkan nantinya. Perawatan dan Peralatan bayi yang kami sarankan sebagai perlengkapan wajib ini dapat anda simak sebagai berikut.

1. Keperluan Popok

Popok Untuk Keperluan Bayi
Popok Untuk Keperluan Bayi

Popok, Tisu Basah, Aneka cairan pembersih khusus bayi, clodi, deterjen, dan sabun cuci botol Produk perawatan bayi adalah hal krusial yang wajib disiapkan menjelang kelahiran bayi. Kulit bayi yang baru lahir sangatlah sensitif sehingga membutuhkan perawatan dan perhatian lebih. Contoh dalam membeli popok bayi. Memilih perlengkapan bayi yang satu ini harus memperhatikan jenis popok yang berpori agar cairan mudah meresap dan tidak mengakibatkan luka pada kulit bayi. Selain popok sekali pakai yang bisa dibeli di supermarket, anda juga bisa menyiapkan popok kain sebagai alternatif. Kemudian untuk tisu basah dan aneka cairan pembersih pastikan untuk membeli produk khusus bayi. Begitupun dengan deterjen dan sabun cuci botol. Usahakan produk-produk ini adalah perlengkapan khusus yang memang diperuntukkan untuk bayi.

Baca Juga : 20 Kado Bayi Bermanfaat Sampai Besar

2. Salep ruam, bedak bayi, perlengkapan mandi khusus bayi, dan minyak telon

Perlengkapan Bayi Mandi
Perlengkapan Bayi Mandi

Produk-produk ini juga merupakan salah satu bagian dari perlengkapan bayi yang tidak boleh ketinggalan. Kondisi kulit bayi yang sensitif dan kadang tiba-tiba mengalami ruam atau iritasi akan membuat si bayi gelisah dan tidurnya terganggu. Maka tidak ada salahnya bila anda sigap sejak awal menyiapkan salep ruam khusus bayi atau obat-obatan lainnya khusus untuk bayi. Namun, anda sebelumnya harus mendapat resep dan aturan penggunaan salep ataupun obat-obatan khsus bayi ini dari dokter. Sedangkan untuk perlengkapan mandi khusus bayi, mulai dari sampo, sabun, baby oil, dan minyak telon, karena merupakan perlengkapan yang sekali pakai, pastikan agar stock atau persiapannya selalu tersedia agar anda tidak keteteran ketika perlengkapan ini tiba-tiba habis saat anda ingin menggunakannya.

Baca Juga : Rekomendasi Kado Untuk Bayi Kembar

3. Baju bayi 

Membeli baju bayi  yang meliputi singlet, onesies, kaus kaki dan kaus tangan bayi, set piyama, serta kupluk bayi atau topi hangat sangat penting untuk dibeli pertama kali, jangan sampai si kecil kekurangan baju hangatnya.

4. Peralatan menyusui yang meliputi pompa ASI dan botol susu

Meski tidak semua orang membutuhkan pompa ASI dan bantuan susu formula untuk si bayi, namun tidak ada salahnya anda juga mempersiapkan perlengkapan yang satu ini agar ketika dibutuhkan tiba-tiba, anda tidak lagi kebingungan dan keteteran.

5. Kain kasa dan Plester

Bayi yang usia kelahirannya baru beberapa hari pada umumnya memiliki tali pusar yang akan putus dengan sendirinya beberapa hari setelah bayi tersebut dilahirkan. Namun, sebelum tali pusar tersebut putus dengan sendirinya, sangat penting untuk memperhatikan kesterilannya, salah satu caranya dengan mengganti tiap hari plester dan kain kasa yang melindungi tali pusar tersebut. Anda hanya perlu membeli beberapa saja, tidak usah dalam jumlah berlebih, sebab hanya akan digunakan untuk jangka waktu yang pendek.

Baca Juga : Ide Kado Untuk Ibu Setelah Melahirkan

6. Selimut Bayi

Selimut Bayi Agar Hangat
Selimut Bayi Agar Hangat

Beberapa lembar selimut bayi, handuk, perlak bayi, dan washcloth bayi

Selimut bayi sangat penting untuk anda siapkan barang beberapa helai sebagai cadangan bila anda membutuhkannya tiba-tiba. Perlengkapan ini merupakan perlengkapan krusial yang tidak boleh anda lewatkan menjelang kelahiran si bayi. Kemudian saat membeli selimut dan handuk bayi, pastikan jenis bahan yang digunakan adalah bahan yang lembut dan aman untuk kulit bayi anda. 

7. Cotton bud khusus bayi, Termometer infrared, dan alat sedot ingus

Meskipun tergolong perlengkapan tambahan, namun barang-barang ini juga bisa tiba-tiba diperlukan saat kita memiliki seorang bayi terutama bagi bayi baru lahir. Sebagai contoh ketika si bayi tiba-tiba sakit dan terserang flu yang akan terasa mengganggu pernafasannya, kita bisa menggunakan thermometer ini sebagai aksi pertama untuk mengetahui suhu badan bayi. Dengan alat sedot ingus, anda juga bisa membantu bayi mengeluarkan ingus tersebut yang menyumbat rongga hidungnya dan membuat bayi tidak nyaman bahkan kadang rewel akibat hal tersebut. Jadi, tidak ada salahnya  untuk menyiapkan perlengkapan ini untuk berjaga-jaga bila suatu saat anda membutuhkannya. 

8. Diaper Bag dan Monitor Bayi

Tergolong ke dalam peralatan tambahan, namun dua hal ini juga tidak ada salahnya anda siapkan sebab akan sangat berguna bila anda tipe orang tua yang menitipkan bayi pada pengasuh ketika anda sedang bekerja atau beraktifitas di luar. Monitor bayi akan membuat anda merasa lega ketika bisa memantau dari jauh kondisi bayi ketika sedang dititipkan pada orang lain. Diaper Bag juga sangat berguna bila anda melakukan kegiatan traveling atau sekedar pulang ke kampung halaman. Dengan adanya diaper bag, anda tidak perlu membongkar koper atau tas pakaian hanya untuk mencari popok saja ketika tiba-tiba bayi buang air di tengah perjalanan atau popoknya penuh. 

9. Perabotan Khusus Bayi

Setelah perlengkapan mendasar tadi lengkap, ada baiknya anda juga melengkapi beberapa perabotan bayi yang bisa menunjang kebutuhan bayi anda antara lain bak mandi bayi, kelambu, kasur bayi, gendongan bayi dan UV Sterilizer. Namun, perlengkapan ini bersifat opsional saja, boleh dibeli ketika keperluan mendasar tadi telah siap dan kondisi keuangan anda memungkinkan untuk melengkapinya.

Kesimpulan

Saat berbelanja perlengkapan bayi yang tergolong sebagai kebutuhan premier dan sekunder di atas, perlu anda ingat bahwa kenyamanan dan kebersihan adalah hal yang paling utama untuk bayi, sebab bayi memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap debu, bakteri, dan mudah terkena iritasi. Pastikan untuk membeli pakaian dan peralatan yang terbuat dari kain yang teksturnya lembut.  Kemudian saat berbelanja, jangan terpaku pada daya tarik visualnya saja, sebab yang utama adalah fungsi dari perlengkapan tersebut. Yang terakhir, lebih pro-aktif mencari promo terkait perlengkapan bayi baik itu di e-commerce seperti FlowerAdvisor yang menyediakan berbagai parcel bayi pilihan. Yuk Segera diorder atau klik link dibawah ini

Kelahiran bayi adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh tiap orang tua, maka dari itu dalam menyiapkan kebutuhannya, sebagai orang tua anda juga harus memberi perhatian lebih akan hal ini. Ketika bayi merasa nyaman, tentunya akan memberi kebahagiaan tak terhingga bagi anda, selaku orang tua.

Share:

Aditya

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply