Bunga Baby Breath
Bunga Baby Breath

Bunga baby breath adalah bunga yang berasal dari Eropa timur, Afrika, dan juga Australia. Bunga ini sangat terkenal pada masa kejayaan Victoria di Inggris. Terdapat seorang tukang kebun Victoria yang sangat menyukai bunga ini lalu membawanya ke Amerika pada 1828. Baru pada tahun 1990-an bunga baby breath digunakan sebagai bunga tambahan yang diselipkan dengan bunga-bunga besar. Yuk kita ketahui bersama filosofi bunga baby breath beserta jenisnya!

Setelah bunga baby breath berhasil ditanam di berbagai negara. Bunga ini kemudia menjadi terkenal dan selalu digunakan dalam bunga sampingan para rangkaian bunga. Namun, bunga ini kemudian mulai banyak diminati hingga menjadi bunga ekspor. Bunga ini menjadi sering kali dirangkai tanpa bunga lain. Saat ini industri bunga menjadikan baby breath bunga yang penting dan selalu digunakan. Terlebih lagi bunga ini digunakan sebagai buket dan dekorasi acara pernikahan.

Baca Juga : Fakta Menarik Bunga Mata Kucing

Bagaimana bentuk pohon baby breath?

Bentuk Pohon Baby Breath
Bentuk Pohon Baby Breath

Baby breath sebagai tanaman jarang sekali dibahas bagaimana bentuk pohonnya.  Pohon baby breath tidak besar, bentuknya hanya cabang-cabang dari batang yang dikelilingi bunga putih seperti awan. 

Batang pada pohon baby breath juga bukan batang besar seperti pada bunga-bunga lain yang biasanya dijadikan buket. Batang-batang kurus dan kecil baby breath saling menopang hingga dapat mencapai ketinggian 1,2m. 

Tanaman ini berhabitat asli di daerah stepa atau padang rumput.  Banyak juga ditemukan baby breath yang tumbuh subur di tanah berkapur. Hal inilah yang membuat baby breath disebut Gypsophila.   

Baca Juga : Semua Tentang Bunga Mawar Peach

Mengapa Bunga Baby Breath Mahal?

Mengapa Bunga Baby Breath Mahal
Mengapa Bunga Baby Breath Mahal

Dikarenakan habitatnya asli yang yang terletak di daerah stepa, bunga baby breath termasuk dalam bunga musim panas. Bunga ini menyukai tempat yang kering. Butuh berbagai perawatan untuk menanam baby breath. Bioma stepa sendiri sulit ditemukan di Indonesia. Bioma padang rumput yang banyak ditemukan di Indonesia hanyalah sabana. 

Selain stepa, baby breath juga menyukai tanah mediterani atau tanah kapur. Tanah jenis ini memiliki banyak kandungan gypsum. Tanah kapur hanya memiliki sedikit unsur hara dan cenderung tidak subur. Hal ini sangat bertentangan dengan wilayah Indonesia yang didominasi hutan hujan tropis di mana tanah dari bioma ini adalah jenis tanah yang kaya unsur hara. 

Meskipun habitatnya tidak dapat ditemukan, membuat daerah yang cocok untuk baby breath tetap bisa dilakukan. Tanah yang banyak ditemui di Indonesia adalah tanah lembab yang memiliki pH rendah atau asam. Baby breath menyukai tanah dengan pH netral hingga tinggi atau  tanah basa. 

Untuk membuat tanah cocok ditanami baby breath maka tanah harus dikeringkan terlebih dahulu dengan sinar matahari. Selain itu pastikan pH tanah diatas angka 6. Jika tanah memiliki pH dibawah 6, sebaiknya tambahkan kapur domolit. 

Selain alasan di atas, bunga baby breath juga dikatakan mahal karena bunga ini digunakan sebagai dekorasi acara penting. Bunga ini adalah salah satu bunga yang akan dipilih ketika merencanakan pernikahan dengan gaya Eropa. Hal ini juga disebabkan karena tidak adanya makna negative dari baby breath.

Bunga ini juga tinggi permintaannya untuk rangkaian bunga. Rangkaian bunga baby breath memang sering ditemui. Namun, permintaan yang tinggi dikarenakan beberapa bunga besar seperti lily, mawar, sedap malam, dan yang lainnya akan terlihat membosankan tanpa ditemani baby breath di dalam buket.

Arti bunga baby breath 

Buket Bunga baby breath memiliki arti seperti namanya. Bunga ini sering diartikan sebagai kepolosan yang sering dianggap sebagai kelakuan dari anak-anak atau bayi. 

Warna yang homogen membuat baby breath juga memiliki arti sebagai sebuah persatuan. Hal ini juga ditunjukin dengan bunga yang bergerombol bukan satu per satu serperti bunga lain.

Bunga baby breath adalah bunga sebagai inspirasi dari perilaku baik. Kebaikan yang dimaksud bukanlah sebesar tolong menolong atau kebaikan yang akan berpengaruh pada revolusi.

Filosofi bunga baby breath 

Jenis Baby Breath
Jenis Baby Breath

 Filosofi bunga baby breath sebagai lambang kepolosan dapat dilihat dari bagaimana manusia tumbuh . Seiring waktu berjalan yang mengantarkan manusia tumbuh pada kehidupan yang lebih luas lagi. Pada masa itu manusia biasanya manusia mulai memiliki hati yang lebih keras dan rasa sinis. Baby breath dengan warna bunga biasa yang semuanya sama, memberi tahu bahwa kepolosan sebaiknya tetap dibiarkan dalam diri manusia untuk memperoleh rasa heran dan penasan yang hingga akhirnya menampilkan jawaban atas anugerah. 

Baby breath juga sama seperti bunga lainnya, tetap memiliki arti cinta. Cinta pada baby breath bukanlah arti cinta seperti yang biasa disebutkan seperti bunga mawar. Cinta yang disampaikan baby breath adalah cinta selayaknya anak-anak. Seperti senyum anak-anak, tidak ada motif tertentu dan menyiratkan ketulusan. Baby breath mengingatkan manusia untuk melakukan kebaikan seperti yang anak-anak lakukan. Contohnya seperti senyum  kepada orang asing yang terlihat muram. Senyuman tersebut tidak memiliki arti seberapa bagi kita, namun bagi orang asing yang muram tersebut mungkin akan membuatnya mengurungkan niat untuk mengambil nyawanya sendiri esok hari. 

Baby breath juga menyampaikan makna persatuan. Keseragaman pada  sekelompok baby breath yang bentuknya kecil adalah persatuan yang menonjol. Hal-hal kecil yang didasari pada keyakinan dapat dipersatukan. Kesatuan ini akan membentuk sebuah harmoni yang menonjol. Inilah yang membuat baby breath biasanya digunakan sebagai bunga dekorasi dalam perayaan pernikahan. Berbagai unsur komitmen dan cinta disatukan dalam pernikahan.

Jenis – Jenis Bunga Baby Breath

Nah pada umumnya bunga baby breath terkenal dengan warna putihnya, namun apakah kamu tahu jika ada jenis lainnya? Yuk Kita Ketahui bersama di bawah ini :

1. Baby Breath Berwarna Kuning

Kelopak bunga ini memiliki warna kuning yang cukup menonjol. Karena itu jenis ini sering disebut juga sebagai pembawa arti sinar cerah dan gembira. Berbeda dengan bunga gladiol sebagai bunga yang melambangkan kesedihan, Bunga ini kerap digunakan untuk percantik dekor pengantin di pernikahan – pernikahan. Selain itu, bunga yang dipotong – potong kecil bisa juga digunakan untuk percantik ruang.

2. Baby Breath Berwarna Pink

Beberapa warna yang menyimbolkan cinta dan kasih-sayang biasanya dihubung-hubungkan dengan warna ini. Bunga jenis ini dapat dijumpai saat pasangan tengah rayakan kelahiran bayi wanita. Bahkan juga, kerap dipakai untuk mengirimi pesan sebagai pertanda ketakjuban pada seorang.

3. Perpaduan Warna Putih Kecil

Jenis selanjutnya ini mempunyai corak yang cukup unik, yaitu putih kecil. Dan jenis ini dilambangkan sebagai cinta sejati (kekal). Tidak cuma untuk pacar saja, tetapi di antara keluarga dan teman dekat.

Untuk warna ini kerap diunggulkan. Simbol kemurnian dan kebebasan dipandang pas untuk perayaan kelahiran. Baik bayi lelaki atau wanita.

Menariknya, baby breath jenis ini dapat digunakan sebagai hadiah terkesan untuk si ibu. Simbol cinta suci ini sangat sesuai dengan perayaan hari ibu. Atau sekedar ucapkan rasa cinta kasih kepada wanita terbaik yang sudah melahirkan kita.

Bunga yang mirip dengan baby breath

Beberapa bunga ini mirip dengan baby breath bahkan sering dianggap sebagai baby breath. 

1. Bunga soba

Pernah menonton drama korea Goblin? Apakah bunga yang diberikan Goblin pada sang wanita adalah bunga baby breath? Jawabannya, bukan, bunga tersebut adalah bunga soba. Bunga soba ini biasa disebut buckwheat atau bunga gandum kuda. Tanaman ini biasanya dibudidayakan dengan sengaja sebagai tanaman pangan. Tanaman ini dijadikan tepung gandum yang kemudian dapat dioleh menjadi roti dan mie. 

Bentuk bunganya putih kecil sama seperti baby breath, bahkan sedikit sulit dibedakan dengan baby breath. Bunga soda juga dibudidayakan untuk dijadikan bunga potong, bukan hanya sebagai tanaman pangan. Bunga ini sengaja diproduksi untuk kegunaan yang sama dengan baby breath.

2. Sawi langit 

Sawi langit adalah tanaman liar yang tidak dapat diprediksi tumbuhnya di mana. Tanaman ini dapat tumbuh di dekat rumput. Bentuknya seperti baby breath namun ukurannya lebih kecil. Bunganya biasanya berwarna putih dan ungu. Siapa sangka tanaman liar yang biasanya tidak dipedulikan ini malah memiliki selangit manfaat. Meskipun liar, sawi langit termasuk dalam tanaman obat.

3. Edelweiss 

Bentuk bunga edelweiss memang berbeda dengan baby breath. Jika dilihat untuk orang yang pertama kali melihat buket bunga baby breath, mereka akan berpikir baby breath adalah edelweiss. Kedua bunga ini memiliki bunga kecil dan putih yang jika dijadikan buket bunga bentuknya akan membulat. 

Demikian penjelasan tentang bunga baby breath.  Apakah anda tertarik untuk mendapatkannya? Kamu bisa mendapatkannya hanya di FlowerAdvisor, yuk pesan sekarang disini

Share:

Leave a Reply