Bunga Ranunculus
Bunga Ranunculus

Bunga Ranunculus merupakan bunga yang sering dijadikan tanaman hias bagi penggemar kolektor bunga hias. Keunggulan karena warnanya ini membuat bunga ini gemar dicari oleh banyak orang. Yuk simak semua tentang bunga ranunculus, dan apakah bunga ini benar – benar beracun atau tidak!

Bunga Ranunculus
Bunga Ranunculus

Sejarah Nama Bunga Ranunculus

Bunga ranunculus memiliki nama lain yaitu buttercup. Nama ranunculus ini merupakan dari bahasa latin rana yang diterjemahkan sebagai katak. Namun persamaannya dengan katak mungkin bisa dilihat dari tanaman dengan amfibi atau tidak peduli dengan kelembapan. Dan arti dari unculus adalah sedikit. Jadi diartikan bahwa bunga ini dulunya tumbuh di sepanjang sungai dan memilliki jumlah yang begitu banyak layaknya katak kecil yang ada di musim semi.

Baca Juga : Semua Tentang Bunga Vinca

Ciri Bunga Ranunculus

Ciri umum bunga ini adalah bunga ini memiliki kemiripan dengan bunga mawar yang sangat indah dan cantik, Ranunculus sendiri merupakan tanaman yang memiliki warna yang lumayan terang atau mencolok. Seperti warna kuning, merah mudah dan putih. Walaupun begitu bunga ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman untuk ditaman anda karena warnanya yang cerah jadi sangat bagus untuk dijadikan sebagai tanaman yang dapat mempercantik taman anda. 

Arti dan Makna Bunga Ranunculus

Disetiap bunga dan nama bunga memiliki artinya sendiri, begitu juga dengan bunga ranunculus yang memiliki arti Tarik, pancaran dan pesona. Dan itu dapat dibuktikan dengan bentuk bunga yang mencolok dan membuat orang-orang akan tertarik dan terpesona olehnya, dan ingin memjadikan bunga ini sebagai bunga untuk hiasan di rumah nanti. Namun bunga ini juga memiliki arti yang lain, yaitu bunga ini dapat membuat seseorang yang anda berikan bunga ini akan terpesona dengan anda. Atau bisa dibilang bunga ini dapat dijadikan sebagai lambang pasangan anda yang ingin anda pikat atau anda merasa pasangan anda adalah orang yang mempesona. 

Asal Bunga Ranunculus

Seperti bunga pada umumnya bunga ini juga ditemukan atau berasal pertama kali dari Timur tengah namun ranunculus liar biasaya mudah ditemukan di Amerika Serikat karena anda bisa menemukannya disepanjang padang rumput. Ranunculus bisa ditanam di rumah baik dengan pot atau langsung ke tanah. Karena jenis tanaman ini mudah hidup asal ditanah yang lembab. Seperti tempat awal ditemukannya nama ranunculus yang ditemukan ditanah yang lembab. Bahkan bunga ini bisa dijadikan hiasan untuk pernikahan atau sebagai bunga untuk karangan pengantin. Namun semua itu harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat dikarenakan Bunga ini mengandung racun yang dapat mematikan. 

Baca Juga : Semua Tentang Bunga Alamanda

Apakah Bunga Ranunculus Beracun?

Ranunculus Posion
Ranunculus Posion

Seperti bunga mawar yang cantik, namun jika memegang batang mawar tanpa sarung tangan maka kita akan terkena durinya. Begitu juga dengan bunga ranunculus yang cantik, tapi beracun. Bahkan bukan hanya kepada manusia saja, bunga ini juga dapat menjadi racun bagi hewan.

Berbeda dengan mawar yang berduri dibatangnya lain halnya dengan bunga ranunculus yang memiliki pada bunganya yang cantik, jika bunga mawar bisa dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan sabun atau parfum, maka berbeda dengan ranunculus yang jika kita atau pun hewan yang  memakannya akan mendapatkan gejala yaitu kerusakan pada pencernaan akibat racunnya. Diare disertai darah, air luir  yang berlebiha, sakit perut parah dan rusaknya selaput lender pada system pencernaan adalah gejala yang diakibatkan oleh racun ranunculus. Dan dalam beberapa khasus bahkan bunga ini dapat menyebabkan kematian sebagai efek terburuk. 

Jika dilihat bahwa bunga ini memiliki bentuk yang cantik dan sangat indah layaknya bunga mawar dengan warna yang sangat indah untuk di pandang. Namun kita juga harus ingat bahwa bunga ini mempunyai racun yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Harus Dihindari Anak Kecil

Bunga ini sebaiknya dijauhi untuk anak-anak kecil yang masih penasaran dengan banyak hal karena terkadang anak kecil sangat ingin memiliki bunga ini. Namun harus di ingat bukan hanya beracun bunga ini juga memiliki duri yang tajam pada bagian batangnya dan jika dipegang maka akan membuat tangan berdarah. Maka dalam memilih bunga ini untuk dijadikan tanaman hiasan maka harus lebih hati-hati dalam memiliharanya dan jauh dari jangkauan anak-anak. 

Cara Menanam dan Perawatan Bunga Ranunculus

Cara Menanam Bunga Anyelir dari Biji
Cara Menanam Bunga Anyelir dari Biji

1. Persiapan Menanam

Sebelum anda mulai menanam tanaman ini maka yang perlu anda lakukanlah adalah mencari tempat untuk menanam tanaman ini, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tanaman ini merupakan jenis tanaman yang membutuhkan tanah yang lembab. Maka sebelum menananam pilihlah tanahnya terlebih dahulu yang lembab dan pilih dengan melihat sinar matahari. Jika mataharinya terlalu terik dan langsung mengenai tanaman maka itu akan membuat tanaman lama kelamaan kering dan berakhir mati. 

Setelah memillih dimana tempat anda menanamnya dan menggunakan tanah apa maka selanjutnya adalah dengan memilih tempatnya apakah ingin dengan pot atau langsung ditanah. Jika anda tidak memiliki spas untuk menanam ditanah maka dapat dilakukan dengan pot karena jika dengan pot anda dapat memastikan tanahnya apakah masih lembab atau tidak. 

2. Cara Menanam

Setelah menentukan media untuk ditanam maka dilanjutkan dengan benihnya. Namun sebaiknya sebelum langsung memasukkan benih ke dalam tanah hendaknya adan menyamai benih di dalam rumah sekitar 3 minggu dengan menggunakan kompos lembab yang tidak padat dan dirancang untuk benih. Jangan menutup benih dengan tanah  dan jangan sampai terkena matahari langsung. Usahakan agar suhu disekitar benih dikisaran 210C dan sedikit lebih dingin di malam hari. Benih akan berkecambah dan menjadi tanaman kecil setelah dua sampai tiga minggu. Tunggu sampai tanaman mudah memiliki sekitar enam daun sebelum memindahkannya ke pot yang lebih besat. Lindungi tanaman muda ini dari udara beku dan pindahkan ke tanah di luar rumah saat cuaca mulai menghangat.

Setelah dipindahkan maka yang selanjutnyaperlu dilakukan adalah menjaga tanaman dari peliharaan karena bunga yang beracun maka akan membuat peliharaan kita terkena racun jike mamakannya. Bukan hanya dengan hewan peliharaan tapi juga dari anak kecil dan pastikan untuk menaruhnya jauh dari jangkauan anak kecil. 

3. Cara Perawatan Bunga Ranunculus

Untuk perawatan tanaman ini bisa dilakukan dengan memberi pupuk setiap dua kali seminggu. Dapat dilakukan saat anda mulai melihat tunas pada tanaman tersebut. Anda dapat menggunakan pupuk yang sudah dilarutkan di air atau pupuk yang dicampur langsung ke tanah. Dan jangan lupa untuk menyiram tanaman tersebut sekali dalam 10-14 hari setelah umbinya mulai ada. Dan setelah munculnya duan yang pertama usahakan untuk menyiram tanaman seminggu sekali. 

Walaupun beracun namun tanaman ini juga bisa terkena hama. Contohnya hama pada siput telanjang dan kutu daun. Untuk mengatasi itu terjadi maka dapat melakukan dengan cara memberikan perlingdungan terhadap hama. Contohnya dengan membasmi hama siput dengan pellet sipun dan mengatasi kutu daun dengan semprotan kutu atau sabun insektisida, 

Agar tenaman terlihat cantik maka jangan lupa untuk menyingkirkan tanaman yang sudah layu  karena ini dapat membuat bunga barunya akan tumbuh maka akan membuat Bunga menjadi rapi  dan juga bisa mempertahankan kekuatan tanaman. 

Dan jika anda menanam pada saat musim bunga, maka akan ada fase dorman atau fase dimana daun Bunga kering dan mati, periode ini akan terjadi dan bunga akan tumbuh kembali saat musim bunga selanjutnya datang. Jika ingin tanaman hidup kembali setelah fase dorman maka sebaiknya masukkan bunga ke dalam rumah untuk mengatasi musim dingin yang parah.

Baca Juga : Manfaat Bunga Kenikir

Kesimpulan

Bunga ranunculus merupakan bunga yang indah yang bentuknya mirip seperti bunga mawar. Dengan bentuk yang sangat menarik ini, banyak orang yang sangat tergoda untuk menanam tanaman jenis ini. Layaknya bunga mawar yang memiliki duri, maka bunga ini juga memiliki duri yang jika disentuh akan mengakibatkan tangan berdarah.

Jika bunga mawar dimanfaatkan untuk membuat sabun, parfum dan lainnya, berbeda dengan bunga ranunculus yang jika di konsumsi akan menyebabkan racun, seperti kerusakan pada pencernaan, diare berdarah, air liur berlebihan, sakit perut parah dan rusaknya selaput lender pada system pencernaan, bahkan bisa menyebabkan efek kematikan. Walaupun bunga ini indah, namun memiliki racun yang sangat berbahaya. 

Share:

Aditya

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply