Tradisi Cara Merayakan Imlek Paling Khas di Indonesia
Tradisi Cara Merayakan Imlek Paling Khas di Indonesia

Tahun baru adalah momen yang ditunggu masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pergantian tahun bagi warga Tionghoa disebut sebagai hari Imlek.

Di Indonesia sendiri, perayaan Imlek begitu meriah, penuh suka cita bagi mereka yang merayakannya. Imlek adalah waktu yang paling pas untuk berkumpul bersama yang tersayang. Ini merupakan salah satu tradisi merayakan Imlek yang umum dilakukan saat perayaan Tahun Baru Cina.

Namun, berkumpul bukan satu-satunya tradisi Imlek yang dilakukan untuk menyambut tahun baru. Masih banyak rangkaian tradisi merayakan Imlek paling khas di Indonesia lainnya yang menjadi agenda wajib, menjadikan perayaan hari besar masyarakat Tionghoa ini begitu ditunggu-tunggu.

Apa saja? Berikut adalah aktivitas yang dilakukan masyarakat Tionghoa saat perayaan tahun baru Imlek yang penuh dengan makna :

13 Tradisi Cara Merayakan Imlek Paling Khas di Indonesia

Kita akan menyelami berbagai tradisi yang tidak hanya terjadi pada hari perayaan itu sendiri, tetapi juga ritual dan persiapan yang dimulai jauh sebelumnya.

Dari pembersihan rumah hingga perjamuan keluarga, setiap tradisi memiliki makna mendalam dan mencerminkan kekayaan budaya serta keharmonisan yang menjadi inti dari perayaan Imlek

Tradisi Sebelum Imlek Tiba

1. Membersihkan Rumah

Membersihkan Rumah Sebelum Imlek
Membersihkan Rumah Sebelum Imlek

Persiapan Tahun Baru Imlek biasanya dimulai H-7. Partisipan Imlek di Indonesia biasanya akan mulai membersihkan rumahnya dengan teliti yang bertujuan untuk menangkal kesialan dan mengusir nasib buruk.

Mereka percaya membersihkan rumah akan mengundang rezeki dan keberuntungan di tahun yang akan datang. Cara merayakan Imlek ini sekaligus merupakan bentuk perpisahan kepada tahun yang akan ditinggalkan.

2. Berbelanja Keperluan Imlek

Belanja Menyambut Imlek
Belanja Menyambut Imlek

Tradisi unik Imlek yang ada di Indonesia selanjutnya adalah berbelanja kebutuhan untuk tahun baru. Masyarakat Tionghoa akan disibukkan dengan list yang harus dipersiapkan saat Imlek, seperti membeli pakaian yang akan dikenakan nanti, membeli hiasan Imlek, hingga membeli kado Imlek untuk keluarga dan sahabat.

Baca Juga : 20 Makanan Khas Imlek Beserta Makna di Dalamnya

3. Menghias Rumah dengan Dekorasi Serba Merah dan Emas

Mempercantik Rumah dengan Hiasan Imlek
Mempercantik Rumah dengan Hiasan Imlek

Menghias rumah adalah tradisi Imlek yang paling menyenangkan. Biasanya orang-orang akan memenuhi rumah mereka dengan dekorasi Imlek serba merah dan emas, mulai dari lampion, bunga Imlek, tempelan tahun baru, poster, dan masih banyak lagi.

Merah adalah warna yang paling identik saat perayaan Imlek karena diyakini sebagai warna keberuntungan serta mampu mengusir roh jahat.

Baca Juga : 9 Dekorasi Imlek Penuh Makna untuk Menyambut Keberuntungan Tahun Depan

Tradisi Saat Imlek

4. Makan dan Berkumpul Bersama Keluarga

Makan Bersama Keluarga Saat Imlek
Makan Bersama Keluarga Saat Imlek

Masyarakat Tionghoa menganggap Imlek adalah momen istimewa karena bisa berkumpul dan menikmati makan malam bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Hidangan yang dipilih pun bukan yang sembarangan, melainkan makanan yang dipercaya pembawa keberuntungan bagi mereka yang merayakan Imlek. Hidangan seperti ikan, dumpling, dan mie biasanya akan disajikan saat perayaan Imlek.

5. Membagikan Angpau

Merayakan Imlek dengan Membagikan Angpau
Merayakan Imlek dengan Membagikan Angpau

Membagikan angpau adalah tradisi cara merayakan Imlek paling khas di Indonesia selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka yang masing lajang.

Di Indonesia, angpau begitu disukai oleh anak-anak. Ini adalah kesempatan mereka untuk mendapatkan uang dari keluarga dan saudara. Angpau akan diberikan oleh orang yang lebih tua kepada mereka yang lebih muda. Untuk menyambut perayaan Imlek, bos perusahaan juga akan memberikan angpau kepada karyawannya.

Baca Juga : Ciri Khas Imlek 2024 Ini

6. Memberikan Kado Imlek untuk Keluarga

Memberikan Kado Imlek untuk Keluarga
Memberikan Kado Imlek untuk Keluarga

Tradisi Imlek yang khas di Indonesia tak terlepas dari acara bagi-bagi kado. Imlek adalah waktu terbaik untuk mempererat hubungan kekeluargaan yang bisa dilakukan dengan memberikan kado untuk keluarga terdekat.

Kado yang dipilih pun tak boleh asal-asalan agar tak membawa kesialan. Untuk itu, biasanya orang-orang akan mencari tahu kado Imlek pembawa keberuntungan dan kesialan terlebih dahulu sebelum membelinya.

Baca Juga : 
Kado Imlek Untuk Keluarga dan Sahabat Paling Special 2024

7. Memberi Persembahan untuk Leluhur

Memberi Persembahan Jadi Bagian Tradisi Imlek yang Selalu Ada
Memberi Persembahan Jadi Bagian Tradisi Imlek yang Selalu Ada

Tak sekadar bersuka cita saja, pada perayaan Imlek di Indonesia, orang-orang biasanya akan mempersembahkan makanan untuk leluhur yang sudah meninggal. Kegiatan ini dilakukan pada malam sebelum tahun baru Imlek. Tujuannya adalah agar keluarga dilindungi oleh mereka yang sudah berpulang. Tradisi Imlek ini rutin dilakukan tak hanya di Indonesia, namun negara-negara lainnya seperti Cina.

8. Menikmati Kembang Api dan Petasan

Menyalakan Kembang Api dan Petasan Saat Imlek
Menyalakan Kembang Api dan Petasan Saat Imlek

Tak jauh berbeda dengan perayaan tahun baru pada umumnya, saat Tahun Baru Cina tiba, masyarakat akan memaknainya dengan menyalakan petasan atau kembang api. Ini merupakan tradisi yang selalu hadir saat Imlek di Indonesia. Petasan untuk tahun baru Imlek terbuat dari gulungan kertas merah berisi bubuk mesiu yang dipercaya mampu menakut-nakuti roh jahat.

9. Berdoa di Klenteng

Memaknai Imlek dengan Berdoa di Klenteng
Memaknai Imlek dengan Berdoa di Klenteng

Tradisi lain yang dilakukan untuk menyambut Imlek adalah pergi ke kelenteng untuk berdoa. Cara terbaik menyambut perayaan hari besar keagamaan adalah dengan memanjatkan doa menurut kepercayaan masing-masing. Saat Imlek, warga Tionghoa akan pergi beribadah ke klenteng. Mengunjungi klenteng akan dilakukan di hari ketiga untuk berdoa agar dilimpahkan berkah oleh para dewa agar kehidupan di tahun yang baru menjadi lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

10. Menyaksikan Barongsai

Pertunjukan Barongsai
Pertunjukan Barongsai

Jika bingung apa yang harus dilakukan saat Imlek, menyaksikan barongsai bisa dijadikan ide merayakan Imlek di Indonesia yang tak boleh Anda lewatkan. Menjadi tradisi Imlek yang paling populer dan khas, pertunjukan barongsai diadakan dengan begitu meriah dan bisa disaksikan oleh khalayak ramai secara gratis. Pertunjukan ini melibatkan dua orang akrobat berkostum unik yang harus mengisi bagian kepala dan tubuh singa di bagian belakang. Tradisi Imlek yang unik dan penuh makna ini begitu menarik dan menghibur.

11. Memainkan Permainan Tradisional

Merayakan Imlek dengan Permainan Tradisional
Merayakan Imlek dengan Permainan Tradisional

Perayaan tahun baru Imlek biasanya dimaknai dengan berkumpul bersama teman-teman, selain tentu saja, keluarga. Tradisi cara merayakan Imlek paling khas di Indonesia selanjutnya adalah memainkan ragam permainan tradisional yang klasik. Tak hanya itu, partisipan biasanya akan saling membagikan cerita Cina kuno agar momen perayaan tahun baru Imlek jadi makin seru.

12. Mengunjungi Festival

Mengunjungi Festival Saat Perayaan Imlek
Mengunjungi Festival Saat Perayaan Imlek

Kota-kota besar di Indonesia biasanya akan menyambut Imlek dengan mengadakan berbagai macam festival menarik dimana pengunjung bisa menikmati instalasi dan dekorasi bertemakan Imlek, belanja pernak-pernik yang khas akan budaya Cina, hingga menyaksikan ragam pertunjukan seni. Mengunjungi festival Imlek seperti ini menjadi semacam tradisi yang tak boleh dilewatkan bersama keluarga.

13. Datang ke Rumah Teman dan Kerabat

Berkunjung ke Rumah Teman dan Kerabat Saat Tahun Baru
Berkunjung ke Rumah Teman dan Kerabat Saat Tahun Baru

Budaya Imlek di Indonesia tak terlepas dari aktivitas berkunjung ke rumah teman dan kerabat. Saat Imlek, orang-orang biasanya akan mengunjungi rumah teman dan kerabat dengan membawa parcel Imlek sebagai buah tangan. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, memberikan parcel dipercaya akan membawa keberuntungan pada si pemberi dan si penerima.

Itulah 13 tradisi cara merayakan Imlek paling khas di Indonesia untuk menyambut hari raya spesial dan istimewa satu ini. Tradisi tersebut selalu hadir saat tahun baru tiba karena sudah turun-temurun.

Jadikan Parcel Imlek Sebagai Buah Tangan Saat Berkunjung

Parcel Imlek FlowerAdvisor
Parcel Imlek FlowerAdvisor

Mau berkunjung ke rumah teman dan kerabat saat perayaan tahun baru Imlek 2024? Pastikan tidak datang dengan tangan kosong. Anda bisa membawa bingkisan buah tangan berupa parcel Imlek untuk melengkapi perayaan penuh makna ini.

Lengkapi tradisi Tahun Baru Cina Anda dengan beli parcel Imlek online di FlowerAdvisor, toko kado dan hadiah terlengkap di Indonesia dengan jasa pengiriman tercepat dan terpercaya ke seluruh Indonesia.

Kami hadir dengan produk berkualitas, harga kompetitif, dan jaminan 100% aman. Pesan sekarang dan nikmati promo spesial untuk pesanan parcel dan hampers Imlek 2024 Anda!

FAQ Seputar Tradisi Cara Merayakan Imlek Paling Khas di Indonesia

1. Apakah Wajib Berkunjung ke Rumah Teman dan Kerabat Saat Imlek?

Meski tidak diwajibkan, mengunjungi rumah teman dan kerabat merupakan bagian dari tradisi yang selalu hadir saat perayaan Imlek. Tujuannya adalah untuk memperkuat hubungan serta membawa keberuntungan lewat hadiah parcel yang diberikan.

2. Dimana Saya Bisa Pesan Parcel Imlek Online?

Anda bisa pesan parcel Imlek online melalui website toko kado dan hadiah FlowerAdvisor dengan mudah, cepat, dan aman. Cukup pilih produk yang diinginkan dan lakukan checkout dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

3. Apakah Aman Kirim Parcel Imlek Secara Online?

Ditangani oleh kurir profesional yang berpengalaman, kirim parcel Imlek ke seluruh Indonesia menggunakan jasa pengiriman FlowerAdvisor dijamin aman. Jika ada kendala, layanan customer service 24 jam kami siap membantu Anda.

Baca Juga :

Buket Angpao – Kado Unik Di Hari Raya Imlek

Parcel Jeruk Imlek – Parcel Jeruk Imlek Pilihan 

Kue Imlek Special – Hadiahkan Kado Special Di Hari Imlek

Share:

Aditya Wisnu

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply

× Diskon 10% Untuk Kado Special