Manfaat Bunga Dandelion
Manfaat Bunga Dandelion

Tak disangka ternyata bunga dandelion yang mungil dan sering tersia-siakan ini memiliki beberapa manfaat. Kita tidak bisa menutup mata dengan segudang manfaat yang ditawarkan oleh dandelion untuk kesehatan. Bunga ini termasuk dalam jenis tumbuhan dengan beragam manfaat yang ada. Beberapa manfaat yang dapat kamu dapatkan jika mengkonsumsi dandelion adalah:

1. Antioksidan Bagi Tubuh

Kandungan yang ada dalam bunga dandelion adalah polifenol dan beta karoten, dua zat ini dinilai sebagai antioksidan yang membantu tubuh untuk menangkal dan menetralisir efek negatif dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain berasal dari luar tubuh, zat radikal bebas juga terbentuk secara alami dari dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi dandelion bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko kerusakan sel akibat radikal bebas.

Baca Juga : Bunga Yang Bisa Dimakan

2. Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya bunganya, akar dan daun dari dandelion diketahui juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Diyakini jika kedua bagian tumbuhan ini mampu menurunkan kadar kolesterol seseorang, kesimpulan ini ditarik setelah dilakukan uji coba pada hewan. Namun, untuk manusia masih diperlukan uji coba lebih lanjut mengenai hal ini.

3. Pengatur Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Klaim atas manfaat dari dandelion untuk pengatur kadar gula darah dalam tubuh masih memerlukan uji coba lebih lanjut. Kesimpulan ini muncul karena kandungan antihiperglikemik, antiinflamasi dan juga antioksidan pada bunga dandelion. Kandungan ini diyakini bisa mengobati penyakit diabetes tipe 2.

4. Mengurangi Peradangan

Dandelion diyakini juga bisa menurunkan efek peradangan yang terjadi di tubuh. Hasil ini ditemukan pada penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine pada tahun 2014. Penelitian ini menemukan bahwa, kandungan kimia pada dandelion membantu mengurangi peradangan dan bunga dandelion dapat mengurangi peradangan paru-paru yang signifikan pada hewan-hewan yang menerima. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan efek pada tubuh manusia.

5. Membantu penurunan tekanan darah

Dandelion diketahui sebagai sumber potasium yang baik untuk tubuh. Kandungan inilah yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Cara mengkonsumsi bunga dandelion

Akar dandelion diketahui bisa dijadikan teh. Teh dandelion root bisa dibuat dengan cara mengeringkannya, lalu menggilingnya hingga halus. Setelah itu, bisa diseduh seperti menyeduh kopi atau teh pada umumnya. Perhatikan takarannya, akar bubuk ini hanya boleh diseduh sebanyak satu gram dan maksimal diminum sebanyak empat kali sehari.

Pada daun dan bunganya biasanya dijadikan obat dalam bentuk kapsul. Ada juga yang mengkonsumsi daunnya dalam bentuk daun segar dan daun kering. Daun segar dan kering hanya bisa dikonsumsi paling banyak 10 gram dalam satu hari. Beberapa orang juga membuat jus daun segar ini. Namun, jus ini hanya bisa dikonsumsi sebanyak satu sendok teh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini bisa diekstrak. Dandelion extracts juga bisa dikonsumsi. Akan tetapi mengkonsimsinya hanya diperbolehkan sebanyak 2 sendok teh per hari.

Jika terjadi reaksi alergi terhadap produk dari bunga ini sebaiknya berenti mengkonsumsi dan segera hubungi dokter. Jadi, jika sudah mengetahui akan alergi yang ditimbulkan dandelion sebaiknya tidak melanjutkan untuk mengonsumsinya dan mencari alternatif lain.

Bunga Dandelion di Indonesia

Tanaman dandelion asli dari Indonesia. Namun, bunga jenis ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia. Pada daerah dengan empat musim, bunga dandelion akan mekar pada musim semi dan musim panas, dan layu pada musim gugur.

Namun, di Indonesia dandelion bisa hidup dengan baik sepanjang tahun, karena Indonesia diberkahi dengan tanah yang subur dan juga musim tropis yang cocok dengan tanaman ini. Dandelion yang tumbuh di Indonesia berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan bunga dandelion di negara lain. Namun, tetap cantik untuk dilihat.

 

Share:

Aditya Wisnu

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply

× Diskon 10% Untuk Kado Special