Manfaat Bunga Mawar Yang Belum Banyak Diketahui

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga mawar adalah bunga yang teramat populer di seluruh dunia. Bunga ini bahkan hadir di berbagai karya terkenal dalam berbagai bentuk. Di Indonesia sendiri, bunga mawar merupakan bunga terpopuler nomor 1. Bahkan 2 dari 3 bunga nasional Indonesia masih belum sepopuler mawar. Jelas hal ini dikarenakan oleh berbagai manfaat yang dapat diberikan oleh mawar. Manfaat mawar bukan hanya dapat dituai setelah bunganya diolah namun juga dalam bentuk utuh bunganya yang baru dipetik.

Ketika memikirkan sebuah buket bunga, sudah pasti yang akan terbayang di dalam buket tersebut adalah bunga mawar. Bunga mawar cocok berdiri sendiri dalam buket, bersama bunga lain, juga berkelompok. Untuk membuatnya berdiri sendiri tentu saja yang paling sering terlihat di banyaknya gambar di google adalah bunga mawar merah dan bunga mawar putih. Sedangkan bunga-bunga yang cocok untuk menemani bunga mawar adalah bunga bakung, bunga tulip, bunga hortensia, bunga  krisan, bunga anyelir, hingga baby breath. Untuk membuat buket bunga mawar terlihat elegan, yang perlu dilakukan adalah membuatnya berkelompok dengan warna yang sama. Buket bunga mawar dengan kumpulan warna yang sama akan membawa kemewahan pada buket tersebut.

Warna-warna bunga mawar yang sering dijadikan buket selain merah

Bunga Mawar Oranye
Bunga Mawar Oranye

1. Biru

Mawar berwarna biru sebenarnya tidak pernah ada. Mawar ini merupakan mawar putih kemudian diberi pewarna biru sehingga memiliki warna biru menyala yang cantik. Baru pada tahun 2004 bunga mawar biru berhasil diproduksi oleh Jepang dengan rekayasa genetika. Bunga mawar biru pada saat itu kemudian menjadi jenis bunga mawar yang langka sehingga dijual dengan harga yang lebih mahal dari harga mawar biasa. Warna biru pada bunga mawar ini sebenarnya bukanlah biru pada warna dasar. Warna biru yang terdapat pada bunga ini adalah ungu yang hampir menyerupai biru.

2. Hitam

Bunga mawar hitam juga merupakan salah satu bunga mawar yang langka. Bunga ini hanya mekar selama 15 hari dalam setahun sebanyak 2 kali. Bunga mawar hitam juga hanya tumbuh di satu tempat di dunia, yakni Halfeti di Turki. Di Halfeti, iklim dan keadaan tanah yang berbeda dengan daerah lain. Hal ini disebabkan oleh letak Halfeti yang dekat dengan sungai Eufrat. Pada tanaman mawar hitam sendiri terdapat zat Antosianin yang dapat membuat warna pada bunga mawar menjadi hitam. Pemerintah di Turki berupaya memperbanyak bunga mawar hitam untuk mencegah kepunahan dengan cara merekayasa sebuah tempat agar persis dengan keadaan di Halfeti. Upaya ini berbuah manis sehingga bunga mawar hitam dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang.

3. Oranye

Mawar oranye biasanya berukuran lebih besar dari ukuran bunga mawar merah, putih, atau yang lainnya dalam jenis mawar floribunda. Mawar oranye adalah jenis bunga mawar biasa. Dalam satu tumbuhan, bunganya dapat tumbuh beberapa kuntum tetapi tidak sebanyak bunga mawar jenis floribunda. Pada buket bunga mawar oranye, biasanya bunga ini dipadupadankan dalam bentuk majemuk dengan bunga lain seperti bunga bakung dengan warna senada. Namun bukan berarti bunga mawar oranye tidak cocok berkumpul secara homogen dalam satu buket.

4. Kuning

Bunga mawar kuning tumbuh secara alami sebagai jenis mawar floribunda sehingga dalam satu batang dapat tumbuh kuntum bunga yang banyak. Berbeda dengan dua warna bunga mawar yang telah dijelaskan di awal, bunga mawar kuning lebih mudah tumbuh serta menyebar. Bunga ini pertama kali tumbuh di Timur Tengah. Memiliki warna yang sama dengan matahari, pemberian bunga mawar kuning pada orang lain juga dapat dimaknai sebaik matahari. Sama seperti bunga mawar oranye, bunga mawar kuning juga cocok berada dalam satu buket yang sama dengan bunga lain. Hal yang perlu diingat untuk menyatukan bunga ini dengan bunga lain dalam satu buket adalah pemilihan warna. Pilihlah bunga-bunga dengan warna netral sehingga mawar kuning di dalamnya dapat ter-hightligth sempurna. Selain itu pilihlah bunga yang berukuran lebih kecil dari bunga mawar kuning itu sendiri.

Makanan yang dibuat dari bunga mawar

Bunga Mawar Pink
Bunga Mawar Pink

1. Selai mawar

Selai mawar adalah salah satu makanan unik yang terbuat dari bunga. Untuk membuat selai mawar, mawar yang digunakan adalah mawar yang memiliki banyak kuntum atau jenis floribunda. Untuk warna, pilihlah sesuai keinginan akan hasil dari selai. Warna mawar akan menentukan warna selai. Takaran bahan yang harus digunakan dalam membuat selai mawar adalah ¼kg kelopak mawar yang sudah dipisahkan, 4½ cangkir air bersih, 2 gelas gula pasir, dan perasan lemon. Proses pembuatannya sangatlah mudah. Kelopak mawar hanya perlu dibersihkan hingga tidak ada lagi pestisida menempel, lalu dihaluskan bersama air. Bunga yang telah halus dapat langsung dimasak bersama gula dan perasan lemon selama kurang lebih 20 menit. Selai yang sudah mengental sudah siap dikonsumsi.

2. Teh mawar

Teh Mawar
Teh Mawar

Cara membuat teh mawar ini sangatlah mudah dan perlu untuk segera dipraktekkan. Kelopak mawar yang digunakan haruslah berasal dari bunga mawar organik, sehingga terbebas dari pestisida. Takaran dalam membuat the mawar adalah 1 cangkir kelopak mawar yang sudah dicuci, 3 cangkir air bersih, dan gula sesuai selera. Untuk membuat teh mawar, yang perlu dilakukan adalah merebus semua bahan bersamaan hingga mendidih lalu saring kelopaknya. Teh mawar yang nikmat siap dinikmati. Teh ini memiliki beberapa khasiat seperti, meredakan nyeri haid, membantu memperlancar pencernaan bahkan sembelit, mengurangi risiko kanker dan risiko diabetes.

3. Sup mawar

Berbeda dengan sup pada umumnya yang disajikan selagi hangat, sup mawar disajikan setelah didinginkan selama 1 jam didinginkan di lemari es.  Bahan-bahan untuk membuat sup mawar adalah sirup mawar sebanyak ¼ cangkir, 1 cangkir yogurt, 1 cangkir eskrim vanilla, ½ cangkir krim dengan rasa asam, 2 cangkir susu dingin, daun mint, kelopak mawar organik yang sudah bersih, 1 buah kapulaga. Cara membuatnya adalah dengan menggiling semua bahan kecuali kelopak bunga dan dain mint hingga halus. Setelah semua bahan halus, simpan di lemari es selama 1 jam. Jika akan disajikan, masukan kelopak bunga dan daun mint.

4. Sirup mawar

Cara membuat sirup mawar sebenarnya sama saja dengan cara membuat selai mawar. Hanya saja tekstur bunga mawar harus lebih halus setelah dihancurkan. Dalam proses memasak bunga mawar juga harus dibuat menjadi lebih cair daripada selai.

5. Es krim

Es krim mawar dapat dibuat dengan cara yang cukup mudah. Bahan yang diperlukan sebenarnya sama saja dengan es krim biasa yakni, susu, gula, ekstrak vanilla, heavy cream, air mawar, dan juga sedikit pewarna merah agar menjadi merah muda cantik. Semua bahan hanya perlu dicampurkan dalam mesin es krim lalu dibekukan di dalam lemari es.

Add a Comment