bauble balls hang on christmas tree

Hari Raya Natal adalah sebuah festival untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus menurut agama Kristen. Festival ini diadakan setiap tahun pada tanggal 25 Desember. Dari Sejarahnya tanggal ini dipilih berdasarkan kecocokan perayaan Romawi Kafir untuk menghargai Mithras yang merupakan Dewa Cahaya Kuno dan Saturnus, sang Dewa Panen, sehingga Pada tahun 273 M, tanggal 25 Desember merupakan hari dimana penyembah berhala merayakan kelahiran matahari.

Fakta itu membuat beberapa umat Kristen merasa tidak nyaman dengan tanggal tersebut, karena mereka berfikir perayaan Natal adalah pengaruh dari penyembah berhala itu. Namun, pada tahun 320 M, seorang teolog membuat sebuah pernyataan bahwa kita semua merayakan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus karena kehendakNya.

Orang-orang akan mengenang kontribusi Yesus pada misa ini. Misa kristus sendiri hanya bisa dilaksanakan ketika matahari terbenam, sehingga menjadikan perayaan natal diselenggarakan di malam hari. Bahkan tak jarang saat tengah malam.

person showing brown gift box
Perayaan hari natal

Mengapa Hari Natal Harus Dirayakan?

Natal adalah waktu kebersamaan keluarga dan istirahat dari rutinitas, diisi dengan kegembiraan memasak kue dan berbagi kehangatan. Perayaan ini juga spesial bagi anak-anak yang menantikan Santa Claus.

Momen ini merayakan kelahiran Yesus, membawa sukacita dan kasih sayang. Rumah yang dihiasi dan lagu-lagu natal meningkatkan kehangatan, menjadikan Natal sebagai hari yang penuh arti dan kebahagiaan.

Makna Di Balik Tradisi Natal

Rayakan Natal dengan menghargai makna mendalam di balik dekorasinya. Berikut adalah beberapa tradisi menurut kepercayaan Kristen:

  • Warna merah yang khas mengingatkan kita pada pengorbanan Yesus Kristus, sementara lilin-lilin yang dinyalakan menggambarkan Kristus sebagai cahaya dunia.
  • Setiap kado yang kita berikan bukan sekadar hadiah, melainkan simbol pemberian kepada bayi Kristus, mengingatkan kita pada lahirnya Yesus atau disimbolkan sebagai perwujudan Yesus.

Baca Juga : Rekomendasi Hadiah Natal Terbaru

  • Pohon cemara bukan hanya sekadar hiasan, namun ia melambangkan kehidupan abadi. Pohon ini pertama kali digunakan oleh Martin Luther di Gereja Reformasi.
  • Holly dengan duri-durinya, menggambarkan mahkota duri Kristus

Tradisi Lainnya

Saat Natal, ada salah satu tradisi, yaitu para pria dalam keluarga bertugas mengangkut kayu besar, sebuah simbolisme yang mengingatkan kita pada perjalanan Yesus Kristus saat membawa Salib-Nya. Tradisi Kayu Yule ini bukan hanya tentang peringatan, tetapi juga tentang menghargai kebersamaan, merasakan kehangatan, dan berbagi kebahagiaan yang serupa dengan semangat Natal itu sendiri.

Daun mistletoe pertama kali di perkenalkan dan digunakan pada masa kerajaan Roma. Daun ini menyimbolkan kita bahwa Kristus menghilangkan segala keburukan, membawa kedamaian dalam hubungan kita sesuai dengan makna Natal.

Tradisi Modern

state of the art building interior with lit Christmas tree
Tradisi-modern-pohon-natal

Dalam era modern ini, perayaan Natal telah berkembang menjadi sebuah tradisi yang meriah dan penuh keceriaan. Kegiatan ini seringkali diawali dengan penghiasan rumah yang bahkan dimulai sejak sebulan sebelum hari raya Natal. Tak hanya di rumah pribadi, tetapi juga di tempat-tempat umum seperti mal dan pusat perbelanjaan, pohon Natal raksasa sering menjadi pusat perhatian.

Di jalanan, lampu hias berkelap-kelip menambah suasana kemeriahan Natal, lengkap dengan instalasi lampu yang menyerupai rusa dan hiasan lainnya untuk memperindah kota. Para pedagang pun turut serta dalam suasana perayaan dengan menawarkan berbagai diskon spesial Natal. Lebih dari sekadar perayaan, Natal juga merupakan momen kebersamaan keluarga, di mana anggota keluarga berkumpul, saling bertukar kado, dan menikmati makan malam istimewa di malam Natal, mengukir kenangan bersama yang akan selalu dikenang.

Fakta Menarik Mengenai Hari Natal

Pohon Natal

Living room decorated for the Holidays with a Christmas tree
Hias-pohon-natal

Penggunaan pohon natal dalam perayaan natal pertama kali digunakan oleh masyarakat Jerman pada abad ke-16. Pohon natal ini melambangkan harapan kehidupan. Hiasan yang mencolok dan berwarna warni melambangkan hidup yang penuh harapan.

Santa Claus

santa claus with red background
santa-claus

Sedangkan Santa Claus sendiri adalah ikon natal yang aslinya berasalah dari Belanda. Pada awalnya santa claus berpakaian dengan warna hijau, ungu, dan biru. Namun semenjak Coca Cola membuat iklan perayaan natal dan jadi terkenal ke seluruh dunia, maka santa claus berpakaian merah sesuai warna iconic brand mereka, merubah pakaian khas santa sejak saat itu.

Tukar Kado

2,900+ Gift Exchange Stock Videos and Royalty-Free Footage - iStock | Christmas gift exchange, Holiday gift exchange, Virtual gift exchange
Tuker-kado-natal

Sedang hari bertukar kado dilangsungkan pada tanggal 26 Desember. Asal usul dari rangkaian perayaan hari natal yang satu ini bermula sekitar 800 tahun yang lalu di Inggris. Kado-kado ini diperuntukkan untuk Gereja yang kurang mampu, sehingga hadiah-hadiah tersebut bisa disalurkan kepada orang miskin dan mereka yang membutuhkan.

Patung Liberty

statue of liberty new york
Hadiah-Patung-Liberty

Satu lagi fakta menarik dibalik perayaan hari natal, yakni hadiah natal terbesar yang merupakan Patung Liberty. Hadiah ini diberikan oleh Prancis untuk Amerika Serikat pada tahun 1866.

Berdasarkan legenda, membutuhkan waktu selama dua belas hari untuk tiga raja paling berkuasa saat itu agar bisa mengunjungi tempat kelahiran Yesus. Maka dari itu, perayaan hari natal juga dilangsungkan selama dua belas hari berturut-turut.

Baca Juga : Hadiah Natal Untuk Keluarga

Rayakan Natal Bersama FlowerAdvisor

Nah, itu dia beberapa penjelasan ringkas mengenai semua hal tentang hari natal. Semoga semua yang merayakannya dapat berkumpul dan bertukar kebahagiaan dengan orang-orang terkasih.

Jangan lupa untuk memberikan hadiah natal terbaik dari anda untuk mereka yang dicintai yah. Jika anda Bingung dimana mencari kado dan parcel natal yang bisa dikirimkan ke saudara jauh, kamu bisa memesannya di FlowerAdvisor.

 

Share:

Aditya Wisnu

Pria Suka Menulis, Jago memberikan ide rekomendasi hadiah, namun bukan pria romantis di kehidupan aslinya..

Leave a Reply

× Diskon 10% Untuk Kado Special