Bunga Mawar Biru Menawan
Bunga Mawar Biru Menawan

Semua yang mengetahui bunga mawar akan membayangkan sekuntum bunga dengan kelopak berwarna merah yang cantik dan bernuansa penuh cinta. Mawar tersebut adalah mawar merah yang menjadi primadona dari banyaknya jenis mawar. Ya, mawar memiliki banyak warna yang tidak kalah cantik dengan mawar merah. Ragam warna pada mawar adalah putih, oranye, kuning, salem, pink, hitam, dan biru. Salah satu mawar yang menawan dan tidak terlalu mencolok dalam nuansa percintaan adalah mawar biru. Bunga Mawar biru terlihat lebih menonjolkan sisi menawan yang anggun dan berkelas. Warnanya yang tidak terlalu halus memberikan kesan tegas pada bunga mawar biru. Hal tersebut membuat mawar biru dapat menarik perhatian setiap mata yang melihatnya. Seperti menonjolkan diri pada jejeran bunga yang sebenarnya sama. 

Sejarah Bunga Mawar Biru 

Sejarah Bunga Mawar Biru
Sejarah Bunga Mawar Biru

Warna biru pada bunga mawar biru juga membuatnya terlihat lebih unik dan berbeda sebab kebanyakan bunga mawar memiliki warna turunan dari warna merah. Sedangkan warna biru tidak bersinggungan dengan warna merah. Warna biru yang melekat pada mawar biru tidak semata datang begitu saja. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan warna ini berwarna biru.

Mulanya memang bunga mawar biru tidak pernah ada atau tidak pernah tumbuh secara alami seperti mawar putih atau merah. Mawar biru adalah bunga mawar putih yang dicelupkan kedalam pewarna yang berwarna biru, dan jadilah mawar biru. Bunga mawar pada awalnya tidak memiliki pigmen biru. Namun, dibuatlah rekayasa genetika agar ada mawar yang tumbuh dengan warna biru. 

Baca Juga : Bunga Mawar Kuning Yang Secerah Matahari

Proses rekayasa genetika pada bunga mawar untuk menjadi mawar biru dilakukan oleh perusahaan Jepang, Suntory, yang bekerja sama dengan Florigene, perusahaan bio tekologi dari Australia, pada tahun 2004. Warna biru harus didapatkan dari gen sebuah bunga yang berwarna biru juga. Bunga yang digunakan untuk diambil gen birunya adalah bunga Petunia. Gen biru yang didapat bernama delphinidinDelphinidin ini didapat dengan cara mensintesis pigmen pada bunga Petunia. 

Gen biru yang didapatkan ini kemdian mulai dimasukkan ke bunga mawar yang berwarna ungu yang tidak terlalu terang atau pucat. Setelah proses pencampuran ini dilakukan, ternyata hasilnya tidak  seperti yang diharapkan. Kelopak mawar yang tumbuh ternyata berwarna lebih ungu gelap seperti warna merah anggur tua. Hal ini disebabkan oleh pigmen biru  yang terlalu banyak. Untuk mengurangi warna yang terlalu tua atau gelap ini, dilakukan proses selanjutnya. Teknologi intervensi RNA membantu para ilmuan untuk membuat warna mawar biru menjadi sempurna sesuai harapan pada awal proses ini dilakukan. 

Tidak bisa disebut gagal tetapi juga tidak bisa disebut berhasil. Bunga mawar yang sudah diproses dengan teknologi intervensi RNA ternyata tetap tidak menghasilkan warna biru pekat seperti apa yang diharapkan. Hasil keseluruhan dari mawar rekayasa genetika ini berwarna ungu kebiruan, lebih tepatnya berwarna magenta. Namun, beberapa sumber ada yang mengatakan warnanya mirip dengan warna bunga lavender. Pada pameran bunga Internasional Flower Expo tahun 2009 bunga mawar ini dihadirkan dengan nama “Applause”. 

Cara Membuat Bunga Mawar Biru 

Cara Membuat Bunga Mawar Biru
Cara Membuat Bunga Mawar Biru

Mawar biru dengan warna biru yang pekat tenyata hanyalah mitos belaka. Mitos terkait adalah bunga mawar biru dapat memberikan keagungan atau keberlimpahan harta yang mustahil dimiliki manusia. Sama seperti isi pada mitos tersebut, mawar biru yang dimaksud juga hanyalah bentuk berita dari mulut ke mulut yang  tidak pernah ada bukti dari wujudnya. 

Pertanyaannya adalah darimana bunga mawar biru yang selama ini digunakan olrh penjual bunga? Bunga mawar biru tersebut adalah bunga mawar putih yang telah melewati proses osmosis. Osmosis adalah proses pencampuran dua macam cairan melalui bagian yang terdapat banyak pori seperti dinding sel atau selaput. Pada pengaplikasiannya di bunga mawar putih, bagian batang akan dicelupkan pada cairan pewarna tersebut.

Baca Juga : Kenali Arti Bunga Mawar Ungu

Berikut langkah-langkahnya 

  1. Siapkan mawar putih yang sudah dipotong dan disisakan batangnya, pangkal batang wajar ini harus dipotong diagonal 
  2. Siapkan wadah besar dan tinggi seperti botol atau toples untuk diisi air dan pewarna biru hingga menjadi biru pekat dan terisi setidaknya setinggi setengah batang mawar
  3. Batang mawar yang telah siap, dapat langsung direndam dalam air pewarna ini. Proses ini akan memakan waktu hingga 6 jam bahkan lebih untuk hasil yang maksimal.
  4. Kelopak bunga mawar putih akan berubah menjadi biru.
  5. Setelah itu angkatlah bunga dari air rendaman pewarna ini.
  6. Potong kembali pangkal batang bunga mawar ini
  7. Rendam kembali pada air biasa dengan waktu 1 jam 
  8. Bunga mawar putih telah berubah menjadi bunga pada mitos yaitu bunga mawar biru. 

Makna dan Arti Bunga Mawar Biru 

Arti Bunga Mawar Biru
Arti Bunga Mawar Biru

Mawar biru bermakna sesuatu yang unik. Buket Mawar biru akan sangat cocok diberikan pada kerabat yang memiliki kesan berbeda dengan yang lainya. Mawar biru melambangkan orang yang selalu memiliki sudut pandang atau bahkan tingkah berbeda daripada orang biasanya. Berbeda yang dimaksud tentunya tetap dalam maksud tidak melenceng dari norma. Orang tersebut biasanya akan membuat orang lain berpikir “bagaimana bisa ada orang yang berpikir dan bertindak seunik ini?”. Orang tersebut tentunya adalah orang sebenarnya biasa saja namun dapat mengalihkan pandangan luas orang lain menjadi fokus pada dirinya. Sama seperti yang dilakukan oleh bunga mawar biru yang akan membuat membuat banyak pasang mata melihatnya dengan fokus akibat keunikannya. 

Jika biasanya bunga mawar merah diberikan saat menyatakan cinta sebagai perlambang cinta yang menggebu maka  jangan gunakan itu lagi saat melamar seseorang. Saat melamar seseorang gantilah mawar merah dengan mawar biru. Mawar biru pada momen ini berarti komitmen dan kepercayaan yang kuat. Sangat cocok digunakan saat melamar seseorang sebagai perlambang keinginan untuk berkomitmen dan menjalin kepercayaan yang kuat dengan serius. Dalam sebuah hubungan, tentunya komitmen dan kepercayaan saja tidak cukup tetap dibutuhkan cinta didalamnya. Sandingkan bunga mawar biru dengan bunga mawar putih atau bunga lily putih sebagai makna ketulusan cinta. 

Baca Juga : Bunga Mawar Untuk Hadiah Favorit

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bunga mawar biru aslinya tidak pernah ada dan hanyalah mitos. Bunga mawar biru dimaknai sebagai hal yang tidak mungkin didapatkan. Dengan adanya inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pelaku bisnis bunga seperti diatas. Bunga mawar biru bukan lagi mitos. Dari hal tersebut bunga mawar biru dapat digunakan sebagai hadiah untuk pencapaian seseorang. Wisuda, promosi jabatan, kelulusan sekolah, dan pencapaian lainnya disarankan memberi hadiah buket bunga mawar biru sebagai manifestasi dari ketidakmungkinan yang ternyata tetap mungkin. 

Bunga mawar biru yang menawan aslinya memang tidak pernah eksis dan tumbuh seperti apa yang banyak dilihat di berbagai sumber. Namun, berkat kreatifitas dan inovasi manusia yang sebenarnya tidak menuai kepuasan bunga mawar biru dapat hadir dan dipasarkan dengan banyak peminat. 

Dimana Membeli Bunga Mawar Biru?

FlowerAdvisor tentu saja menyediakan berbagai jenis bunga mawar dengan berbagai warna, termasuk bunga mawar biru. Apakah kalian tertarik untuk melihat bunga tersebut. Yuk Silahkan kalian beli di FlowerAdvisor ya !

Share:

Leave a Reply