Cara Membuat Buket Bunga Mawar Pink
Cara Membuat Buket Bunga Mawar Pink

Buket bunga sudah menjadi pelengkap dalam setiap momen bahagia, mulai momen romantis, momen bahagia karena mencapai keberhasailan bahkan tidak jarang bunga juga ditemui dalam momen dramatis dan menyedihkan. Memberikan rangkaian bunga dalam sebuah buket cantik menjadi cara untuk menyampaikan perasaan yang Kamu miliki. Cara tercepat untuk memperoleh buket yang cantik adalah dengan membelinya dari toko bunga. Florist akan merangkai bunga sesuai dengan jenis dan warna yang Kamu sukai. Bahkan Kamu bisa meminta Florist untuk membuat rangkaian bunga sesuai dengan bentuk yang Kamu inginkan.  Nah setelah kita mengetahui cara membuat buket bunga umum, kali ini kita akan mengetahui cara membuat buket bunga mawar pink secara khusus. Yuk Ikuti terus!

Langkah – Langkah Persiapan Cara Membuat Buket Bunga Mawar Pink

Tidak ada salahnya memberikan bunga yang sudah dirangkai dengan cantik oleh Florist, tetapi membuat buket bunga mawar pink dengan tangan sendiri akan membuatnya terasa lebih istimewa. Kamu bisa meminta bantuan florist untuk memilihkan bunga terbaik dan kombinasi yang tepat agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi yang Kamu inginkan. Untuk membuat buket bunga yang cantik, Kamu harus mempersiapkan beberapa alat berikut ini:

  • Pilih Jenis dan Warna Bunga 

Kombinasi jenis dan warna bunga dalam rangkaian buket menjadi hal utama yang harus Kamu perhatikan. Karena, jika Kamu memilih warna yang tidak tepat akan membuat tampilan buket tidak menarik, untuk itu kamu harus memilih bunga mawar populer atau Kamu juga bisa melihat referensi kombinasi warna buket yang tepat di berbagai sumber seperti instagram, internet, pinterest, atau di tempat lainnya. 

Buket akan memiliki tampilan yang sederhana disarankan untuk memilih satu jenis warna saja. Tetapi, Kamu juga bisa memasukkan beberapa warna lainnya dengan syarat Kamu harus memilih warna dengan aksen yang sama. 

Kamu bisa merangkai bunga mawar pink dengan bunga bewarna putih, krem, dan mawar peach. Kamu bisa mengkombinasikan warna-warna tersebut menjadi buket bunga mawar pink yang cantik. Kombinasi beberapa warna bunga ini akan menghasilkan buket cantik. 

Paduan warna kuning dan ungu, biru dan jingga, atau merah muda dan hijau akan membuat tampilan buket bunga menjadi indah. Kamu bisa menggunakan bunga dengan warna-warna yang terang tetapi lembut. 

  • Pilih Jenis Bunga Utama yang Memberikan Aksen Kuat 

Kamu harus memberikan perhatian khusus dalam memilih jenis bunga utama. Bunga utama harus mempunyai tangkai yang kuat dan panjang untuk menopang buket agar tidak buyar. Kamu bisa memilih satu sampai tiga jenis bunga yang Kamu sukai untuk membuat tampilan buket menjadi lebih menarik. Beberapa pilihan bunga yang bisa Kamu pilih adalah mawar, peony, hortensia, magnolia, dahlia, lisianthus, anggrek cymbidium, kala lili dan Stargazer lili. 

  • Pilih Bunga Pelengkap
Jangan Lupa Pilih Bunga Pelengkap
Jangan Lupa Pilih Bunga Pelengkap

Kamu bisa memilih jenis bunga kedua ataupun tidak, karena tahapan ini adalah opsional. Buket sudah terlihat indah walaupun menggunakan satu jenis bunga saja. Namun, tampilan buket akan lebih artistik jika menggunakan tambahan bunga pelengkap. Kamu bisa memilih variasi bunga yang lebih kecil agar membuat tampilan rangkaian bunga segar terbaru menjadi lebih menarik. 

Kamu bisa menggunakan jenis bunga apapun sebagai pelengkapnya, asalkan cocok dengan jenis bunga utama. Jenis bunga kedua yang populer dipilih oleh orang-orang adalah mawar tunggal yang berukuran kecil, mawar yang kecil-kecil dan juga freesia. 

Sedangkan untuk filler flower atau  pengisi dengan menggunakan bunga kecil ataupun jenis tanaman bercabang-cabang, beri atau kuncup. Beberapa pilihan yang bisa Kamu pilih adalah waxflower, seeded eucalyptus atau anyelir. 

  • Tetapkan Ukuran Buket 

Ukuran buket juga menjadi hal penting yang harus Kamu perhatikan. Jika ukurannya terlalu besar akan menyulitkan orang yan menerimanya namun sebaliknya, jika buket yang Kamu berikan terlalu kecil akan membuat buket menjadi tidak berkesan bagi orang yang menerimanya. 

Setelah menentukan ukuran buket yang diingnkan, selanjutnya Kamu harus menentukan berapa banyak jumlah bunga yang Kamu butuhkan. Sebaiknya, Kamu membeli bunga dalam jumlah yang lebih banyak dari kebutuhan. Karena mungkin saja, ketika dalam pengerjaannya, Kamu menemukan ide baru dan buket yang diinginkan berbeda dari sebelumnya. 

  • Potong Tangkai Bunga 

Setelah mendapatkan bunga segar untuk membuat buket, tahapan selanjutnya adalah memotong tangkainya. Kamu harus memotongnya didalam air. Caranya, Kamu harus memasukkan tangkainya kedalam bak cuci atau ember yang berisi air bersih. Selanjutnya, potong bagian ujung batang bunga dengan kemiringan 45 derajat dengan panjang kira-kira 2.5 sampai 5 cm dari ujungnya. 

Bentuk potongan ini di pilih karena memungkinkan bunga untuk menyerap air tanpa menyebabkan gelembung di tangkainya. Kamu bisa meletakkannya didalam wadah yang terisi air dingin sampai Kamu siap untuk membuat buket. 

Cara Membuat Buket Bunga Mawar Pink 

Sifat Wanita Yang Menyukai Bunga
Cara Membuat Buket Bunga Mawar Pink

Setelah mempersiapkan hal di atas, selanjutnya Kamu bisa memulai buket mawar pink, bentuk buket sederhana adalah buket bulat, caranya adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Buket Bunga Mawar Pink
  1. Pilih bunga mawar pink yang menjadi bunga utama. Biasanya untuk satu buket Kamu memerlukan minimal 12 tangkai mawar pink.
  2. Buang daun dan duri dari tangkai bunga. Kamu bisa menggunakan stem stripper atau tas pengupas untuk menghilangkan daun dan durinya, atau bisa menggunakan gunting tanaman. Karena mawar pink dilengkapi duri pada batangnya, tidak disarankan untuk membuang duri dan daun dengan tangan. 
  3. Tempatkan mawar pink dengan ukuran mekar yang paling besar di bagian tengah. Setelah itu, tempatkan bunga lainnya dalam posisi yang sejajar dengan posisi batang bersilang. Ketika menyusun rangkaian mawar, posisi tangan berada di bawah bunga yang mekar dan di titik batang mawar pink bersilangan. Jika Kamu memegangnya di tempat yang lebih rendah, akan menyebabkan lengkungan dan memungkinkan bunga bisa patah. 
  4. Selanjutnya Kamu bisa menambahkan bunga utama satu per satu. Kamu harus menempatkan bunganya sejajar ke arah luar dari bagian tengahnya. Bunga harus ditata serapat mungkin dan batang bunga disilangkan dengan cara anghadap keluar seperti membentuk kubah. Ketika melakukan hal tersebut, Kamu harus memutaskan tangan seperti mebentuk pilinan sembari memegang bagian batangnya. 
  5. Kembangkan lingkaran kubah dengan cara menambahkan jumlah bunga. Jika Kamu menggunakan lebih dari satu jenis bunga, Kamu bisa menambahkan jenis bunga kedua untuk mengisi celah di antara bunga utama. Bunga kedua ditempatkan di pinggiran kubah dan ditata mengarah ke luar. Jarak antar bunga harus diperhatikan sehingga tidak ada bunga kedua dengan jenis yang sama saling berdekatan. 
  6. Setelah melakukan tahap tersebut, Kamu akan mendapatkan buket mawar pink bulat yang cantik. 
  7. Untuk mendapatkan buket yang makin indah, Kamu harus memotong tangkai  yang terlalu panjang. Setidaknya, panjang batang pada buket adalah sekitar 25.4 cm. 
  8. Sentuhan terakhir adalah memastikan jika bunga yang sudah Kamu susun terlihat bulat dan seimbang. Jika terjadi kesalahan dalam pemotongan, maka Kamu bisa menambahkan bunga lainnya untuk mengisi kekosongannya. 
  9. Kunci buket menggunakan tali rafia alami yang terbuat dari palem ataupun menggunakan selotip bunga. Buket diikat dengan jarak kira-kira 2.5 cm dari bunga yang mekar. Buket harus diikat serapat mungkin. 
  10. Tambahkan pita dibagian ikatan bunga dan lilitkan pita ke arah bawah dengan panjangnya tidak melebihi panjang batang. 
  11. Kamu bisa memotong batang sekali lagi, jika merasa ukuran buket terlalu tinggi. 

Setelah kamu mengetahui cara membuat buket bunga mawar pink, jangan lupa untuk mengetahui cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga juga jika kamu melakukan dengan cara menanam biji bunga mawar. Nah, Jika diperhatikan, Kamu memerlukan usaha dan waktu luang yang panjang untuk membuat satu buket mawar pink yang cantik. Namun, jika Kamu tidak memiliki salah satunya, Kamu bisa membeli buket bunga dari florist yang berpengalaman. Flower Advisor menawarkan buket mawar pink yang cantik, dengan beragam tampilan dan harga yang terjangkau, selain itu Kamu juga bisa melakukan pengiriman tanpai terhalang lokasi baik antar daerah di satu negara ataupuan berbeda negara.

Beli Bunga Mawar Hanya di Flower Advisor, Toko Bunga Terpercaya di Indonesia 

Cara membuat buket bunga mawar pink

Share:

Leave a Reply