Fakta Bunga Mawar Hitam
Fakta Bunga Mawar Hitam

Mungkin Kamu jarang menemui bunga mawar yang bewarna hitam dalam kehidupan sehari-hari. Warna hitam seringkali dikaitkan dengan kedukaan. Namun, makna ini tidak bisa digeneralkan untuk mengartikan bunga mawar ini. Mau tau tentang arti dan fakta bunga mawar hitam? Yuk baca sampai habis tentang bunga nan elegan ini.

Arti Bunga Mawar Hitam

Arti Bunga Mawar Hitam
Arti Bunga Mawar Hitam

Walaupun mempunyai warna hitam, bunga mawar hitam tidak melambangkan kedukaan. Melainkan menyampaikan pesan yang penuh arti dan sangat mendalam. Bunga ini melambangkan beberapa hal berikut ini:

1. Menjadi Simbol untuk Kehidupan Baru yang Lebih Baik 

Bunga mawar hitam menjadi harapan, agar mampu menutup kedukaan yang dialaminya dan segera membuka lembaran baru untuk kehidupan yang dipenuhi dengan harapan. Bunga ini ternyata juga mengisyaratkan jika kesulitan dan kedukaan yang dialami saat ini tidak akan berlangsung selamanya, karena akan berakhir dan tergantikan dengan awal yang lebih cerah. 

Kamu bisa menghadiahkan bunga mawar hitam kepada seseorang yang Kamu kasihi dan tengah terlibat dalam kebimbangan dan kedukaan yang mendalam. Bunga Kamu berikan menjadi doa agar dia bisa menjalani kehidupannya dengan lebih baik lagi. Selain diberikan sebagai hadiah kepada orang lain, Kamu juga bisa menghadiahkan mawar hitam kepada dirimu sendiri. Karena mawar hitam juga memiliki arti terlahir kembali. Mawar hitam memberi pesan jika Kamu bisa mengakhiri kebiasaan buruk yang ada pada diri dengan cara menggantikannya dengan kebiasaan yang lebih baik lagi. Sehingga, kehidupan yang Kamu jalani menjadi lebih baik lagi. 

Baca Juga : Kenali Arti Mawar Ungu

2. Menjadi Lambang Kesetiaan 

Warna elegan pada bunga mawar hitam merupakan daya tarik yang menarik minat seseorang untuk memilikinya. Selain tampilannya yang unik, makna yang disampaikan dari setangkai mawar hitam menjadi penguat alasan untuk memiliki bunga elegan ini. Mawar hitam menyampaikan pesan kesetiaan. Warna hitam akan tetap bertahan, walaupun dicampurkan dengan beragam warna lainnya, hal ini yang mendasari makna mawar hitam sebagai lambing kesetiaan. 

Namun, makna dari bunga mawar hitam, belum bisa dipatenkan. Banyak makna dan arti yang dimiliki bunga mawar ini. Selain melambangkan perasaaan cinta, bunga ini juga sering dikaitkan dengan kedukaan dan makna lainnya. Sebagian orang memaknai bunga mawar ini sebagai:

Baca Juga : Hadiah Bunga Mawar Terbaik

3. Berkabung dan Perpisahan 

Sudah lama, warna hitam seringkali disandingkan dengan kematian dan juga perasaan bergabung atau kepiluan didalam diri. Begitu juga dengan mawar hitam, karena warnanya, jenis mawar ini seringkali diartikan sebagai bunga kematian dan melambangkan perasaan berkabung yang dirasakan karena kepergian seseorang. Kadang kala, bunga mawar hitam juga dijadikan symbol perpisahan. 

Baca Juga : Bunga Mawar Yang Populer

4. Tragedi Percintaan 

Dalam hubungan percintaan, pemberian bunga mawar hitam menandakan akhir dari hubungan yang terjalin. Bunga mawar jenis ini dikaitkan dengan kisah cinta yang tragis. Jadi Kamu harus berhati-hati dalam memberikan bunga kepada orang terkasih.

5. Dendam dan Kebencian

Menerima bunga mawar hitam juga dikaitkan dengan pesan dendam dan kebencian. Namun, makna ini tidak bisa diartikan secara menyeluruh. 

6. Keberanian dan Perlawanan

Makna lain dari bunga mawar hitam adalah keberanian, perlawanan dan juga kekuatan. Arti ini sudah dipegang secara lama oleh bangsa Irlandia, dimana mawar hitam dijadikan symbol kegigihan dan keberanian dalam perlawanan bangsa Irlandia terhadap Inggris. 

Keunikan dari mawar hitam tidak berhenti hanya pada tampilannya saja, makna dan arti dari bunga juga belum bisa ditafsirkan dengan jelas. Banyak makna yang terkandung didalamnya, tergantung pada niatan dari si pengirim dan momen dalam pengirimannya. Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, sebaiknya kiriman buket mawar hitam dilengkapi dengan catatan yang menjelaskan niat dari si pengirim. 

Baca Juga : Bunga Mawar Paling Romantis

Fakta Bunga Mawar Hitam 

Bunga Mawar Hitam Sebagai Bunga Duka
Bunga Mawar Hitam Sebagai Bunga Duka

Sebagian orang beranggapan jika bunga mawar hitam hanyalah sebuah mitos dan tidak bisa ditemukan keberadaannya. Beberapa fakta dari jenis mawar ini yang harus Kamu ketahui untuk meyakini keberadaannya:

1. Bunga yang aslinya bewarna merah gelap

Bunga mawar yang dikategorikan sebagai bunga mawar hitam tidak memiliki warna hitam aslinya. Mawar jenis ini tumbuh dengan warna asli yaitu warna sangat gelap seperti merah maroon, merah tua dan ungu. Hal ini dikarenakan tidak ada jenis gen yang sesuai dengan genom spesies mawar yang bewarna hitam asli dan pekat. 

2. Bunga Asli dari Halfeti, Turki 

Bunga mawar hitam digadang-gadang bisa ditemui di daerah Halfeti, Turki. Namun, pada kenyataannya bunga ini hanya memiliki kelopak bunga bewarna gelap, dan warnanya mengalami perubahan karena kondisi tanah tempat bunga ini hidup, sehingga berubah menjadi warna yang lebih gelap. 

3. Hidup hanya di dua mesim

Bunga mawar hitam hanya bisa hidup pada dua musim yaitu pada musim semi dan musim panas. Sedangkan pada musim dingin dan musim gugur bunga ini akan layu dan mati. 

4. Tidak memiliki makna yang pasti 

Bunga mawar hitam, tidak mempunyai arti dan makna yang bisa dipatenkan. Beragam tafsir disampaikan terhadap jenis mawar ini. Pemaknaannya tergantung pada pesan dan momen pemberian bunga mawar tersebut. 

Bunga mawar hitam tidak bisa kita temukan dalam kehidupan nyata, hal ini dikarenakan tidak ditemukannya jenis gen tertentu yang mampu menghasilkan bunga mawar bewarna hitam pekat. Namun, Kamu tetap bisa menemui bunga mawar bewarna gelap dikehidupan nyata, seperti Black Baccara Rose, Midnight Blue Rose dan Black Jade Rose. 

Contoh Bunga Mawar Hitam

Contoh Black Roses
Contoh Black Roses

Daerah yang diyakini sebagai tempat tumbuhnya bunga mawar hitam adalah Halfeti, Turki. Namun setelah diteliti, jenis bunga mawar yang ditemui adalah bunga mawar dengan kelopak yang bewarna gelap dan tidak bewarna hitamgelap seperti yang dibicarakan. Pada kenyataannya tidak ada jenis bunga mawar yang bewarna hitam gelap. Bunga mawar di Halfeti Turki, memiliki kelopak yang bewarna lebih gelap dikarenakan kandungan unsur hara yang terdapat ditanahnya, sehingga merubah warna kelopaknya menjadi lebih gelap.  

Baca Juga : Bunga Mawar Biru yang Menawan

Cara Membuat Bunga Mawar Hitam

Walaupun tidak bisa ditemui secara alami dalam kehidupan sehari-hari, bagi kamu pecinta bunga mawar, jenis bunga ini bika Kamu temui dengan melakukan beberapa usaha. Cara yang bisa Kamu lakukan untuk membuat bunga mawar hitam, yaitu:

1. Penggunaan Cat Spray Khusus

Alternatif pertama untuk menghasilkan bunga mawar bewarna hitam adalah menggunakan cat spray khusus. Kamu bisa menyemprotkan cat tersebut kepada bunga mawar biasa, setelah catnya mongering, Kamu akan memiliki bunga mawar hitam. Cara ini dinilai paling efektif dan mudah dilakukan, karena hanya membutuhkan dua bahan yang mudah ditemui, dan usaha yang terbilang minim. 

2. Merendamnya kedalam air 

Peralatan yang harus Kamu persiapkan untuk menghasilkan bunga mawar hitam dengan cara kedua adalah vas bunga berisi air. Caranya adalah dengan memasukkan bunga mawar kedalam vas yang berisi air. Selanjutnya, Kamu harus menunggu semalaman, dan pada keesokan harinya Kamu akan mendapati kelopak bunga berubah warna menjadi lebih gelap, walaupun tidak sepenuhnya berubah warna menjadi hitam. 

3. Penggunaan Cairan Pewarna Khusus

Membuat Bunga Mawar Dengan Cairan Spray Pewarna
Membuat Bunga Mawar Dengan Cairan Spray Pewarna

Cara menggunakan cairan pewarna khusus seringkali dilakukan oleh para florist. Cara ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan bunga mawar yang diinginkan. Jika ingin menghasilkan bunga mawar hitam dengan cara ini, Kamu harus mempersiapkan cairan pewarna khusus. Cairan ini digunakan untuk mnyiram bunga mawar yang sedang tumbuh. Jika disiram secara rutin dengan cairan pewarna khusus ini, maka bunga mawar yang tumbuh akan memiliki warna kelopak yang lebih gelap. 

Walaupun tidak bisa ditemukan secara alami didunia nyata, Kamu masih bisa menikmati keindahan dari bunga mawar hitam. Bunga mawar dengan warna elegan ini bisa dijadikan hadiah istimewa untuk orang terkasih. Kamu juga harus menyelipkan surat yang berisi pesan yang ingin Kamu sampaikan, agar tidak terjadi kesalahan penafsiran, hal ini dikarenakan makna dari bunga mawar ini belum bisa digeneralkan dan dipatenkan. Untuk kamu yang sedang mencari bunga mawar ini, kamu bisa kunjungi toko bunga mawar di FlowerAdvisor ya!

Share:

Leave a Reply